Thursday, July 13, 2017

Ada 3 Jenis Stroke yang Bisa Anda Alami

Salah satu penyakit kardiovaskular yang menjadi penyebab kematian tertinggi adalh stroke. Penyakit yang satu ini kini dapat menyerang siapapun, pria, wanita, tua, dan muda. Semua orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat, dapat berisiko untuk mengalami stroke. Memang tidak selamanya stroke dapat menyebabkan kematian. Beberapa penderita stroke ada yang selamat, namun menderita cacat. Sementara sebagian lainnya, dapat diselamatkan tanpa menderita cacat apapun.

Ada tiga jenis stroke yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Stroke iskemik

Stroke iskemik terjadi bila pembuluh darah yang memasok darah ke otak tersumbat. Jenis stroke yang satu ini, dapat terjadi karena berbagai alasan. Misalnya, penumpukan lemak di pembuluh darah arteri atau aterosklerosis, yang dapat menyebabkan terbentuknya penyumbatan. Terkadang gumpalan darah yang ada di jantung berasal dari denyut jantung yang tidak teratur, yang disebut fibrilasi atrium. Kemudian gumpalan darah itu menghambat arteri yang memasok oksigen ke otak, hingga akhirnya menyebabkan stroke.

Hemorrhagic stroke

Stroke ini terjadi ketika pembuluh darah semakin melemah, hingga ahirnya pecah. Pembuluh darah yang pecah dapat menyebabkan terjadinya perdarahan di otak. Sama seperti stroke iskemik, jenis stroke yang satu ini juga dapat terjadi karena berbagai alasan.

Transient ischemic attack (TIA)

Stroke yang satu ini biasa disebut juga sebagai “mini stroke”. TIA disebabkan oleh adanya penyumbatan sementara pada pembuluh darah. Meskipun TIA tidak menimbulkan kerusakan otak permanen, tetapi dapat menimbulkan gejala awal stroke, yang bisa berlangsung beberapa menit atau bahkan beberapa jam. Waspadai gejalanya dan segera konsultasikan dengan dokter.

The post Ada 3 Jenis Stroke yang Bisa Anda Alami appeared first on HALO DUNIA.



from HALO DUNIA http://ift.tt/2uVmw1O
via IFTTT

0 comments:

Post a Comment