Header Ads

Detik Lifestyle: Anda Pengen Tidur Nyenyak Tanpa Mendengkur? 7 Tips Mudah Atasi Kebiasaan Tidur Ngorok

Pernah ditegur teman atau saudaramu karena tidurnya terganggu akibat suara dengkuranmu? Memang sih mendengkur ketika tidur itu umumnya nggak kita sadari, tapi tahu nggak sih kalau mendengkur itu merupakan tanda tubuhmu mengalami sesuatu yang nggak normal. Dengkuran merupakan suara yang dihasilkan dari tersumbatnya saluran pernapasan. Nah, biar tidurmu lancar jaya dan nggak mengganggu orang lain, coba tips berikut ini deh.

1. Ubah posisi tidur

Posisi tidur yang paling berpotensi untuk mendengkur adalah terlentang. Kalau posisi tidur ini kerap kamu lakukan, maka memang nggak heran kalau kamu akan mendengkur. Agar menghindarinya, kamu bisa membiasakan untuk tidur dengan posisi miring menghadap samping atau agak tengkurap. Posisi tidur ini membuat lehermu dan perutmu mendapatkan tekanan sehingga nggak mudah terbuka dan udara nggak keluar melalui mulut.

2. Hindari kegemukan

Sebenarnya orang yang kurus juga berpotensi mendengkur. Tips ini juga nggak berlaku untuk semua orang. Tapi kalau berat badanmu naik dan kamu mulai mendengkur sedangkan sebelumnya kamu jarang mendengkur, kamu harus segera menurunkan berat badan. Kegemukan yang menyebabkan terjadinya tumpukan lemak di leher akan menekan kerongkongan sehingga terjadi penyempitan.

3. Hindari rokok dan alkohol

 

Merokok dapat menutup jalannya udara dengan menyebabkan iritasi pada selaput hidung dan tenggorokan. Sementara itu, meminum minuman beralkohol atau mengonsumsi obat penenang akan membuat otot bagian kerongkonganmu lemas sehingga membuat udara jadi susah untuk dialiri. Hindari minum minuman beralkohol 4-5 jam sebelum tidur ya agar tidur nggak mendengkur.

4. Perbaiki pola tidur

 

Jam tidur yang teratur dan cukup akan membuatmu jadi nggak mudah mendengkur saat tidur. Artinya kamu harus hindari sering-sering begadang atau kebanyakan tidur. Kalau kamu tidur dalam keadaan terlalu lelah karena kurang tidur akan menyebabkan otot kerongkonganmu menjadi terkulai. Hal inilah yang bisa membuatmu jadi lebih mudah mendengkur.

5. Rajin membersihkan dan latihan pernapasan

 

Bayangkan ada sebuah pipa yang ujungnya tersumbat. Semakin sempit pipa tersebut karena ada sumbatan, maka semakin cepat pula air yang mengalir dan mencoba menembus sumbatan tersebut. Begitu pula dengan udara yang mengalir di dalam sistem pernapasan kita. oleh karena itu, pastikan saluran pernapasanmu nggak terganggu dengan rajin-rajin membersihkan menggunakan air atau latihan pernapasan untuk mendeteksi apakah pernapasanmu normal.

6. Rajin ganti bantal dan seprei

Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali ganti bantal, seprei atau membersihkan AC atau kipas angina di kamarmu? Terkadang, mendengkur terjadi akibat adanya tumpukan debu di dalam pernapasan. Hal ini bisa disebabkan oleh bantal atau seprei yang kotor maupun debu yang terbang di udara dan terhirup oleh kita. makanya harus ganti sarung bantal dan seprei setiap 2-3 minggu sekali dan jua bersihkan AC atau kipas angina setiap 1-2 bulan sekali ya.

7. Hindari dehidrasi

Sekresi di hidung dan langit-langit mulutmu akan membuatnya terasa lengket ketika kamu dehidrasi. Hal tersebut akan menyumbat saluran pernapasan dan membuatmu jadi mudah mendengkur saat tidur. Untuk itu, kamu harus minum air putih yang banyak agar bagiang mulut dan saluran pernapasanmu terhidrasi.



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2uR7IBo
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.