Header Ads

Ini Tanggapan Kapolres Jaktim Terkait Foto Semeja dengan Pembacok Ahli IT

Jakarta – Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo menjelaskan tentang foto Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan yang duduk semeja dengan 2 pelaku pembacokan ahli IT Hermansyah. Menurut Andry, apa yang terjadi dalam foto itu merupakan cara yang dilakukan polisi dalam penyidikan yang disebut sebagai metode triangulasi.

“Dalam penelitian kualitatif seperti polisi lakukan, keabsahan suatu informasi atau fakta bisa diuji dengan metode ini (triangulasi), ada cara observasi, wawancara, dan dokumentasi,” kata Andry dalam keterangannya, kepada Detiknews Rabu (12/7/2017).

Dalam foto tersebut, Andry terlihat duduk di sebelah Iriawan. Menurut Andry, dengan metode penyidikan triangulasi polisi menguji keabsahan data atau informasi terkait dengan pelaku.

“Sehingga dapat dipastikan bahwa tersangka yang ditangkap adalah pelaku dan keterangan yang diberikan berkesesuaian dengan lokasi kejadian maupun alat bukti hukum lainnya,” ungkap Andry.

“Demikian pula keterangan tersangka akan diverifikasi dengan membandingkan kondisi bukti-bukti yang diperoleh dan keterangan saksi dan korban,” Andry menambahkan.

Dalam foto tersebut, Iriawan duduk bersama Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo, Kapolres Depok Kombes Herry Heryawan, beberapa perwira, dan dua tersangka. Mereka terlihat berbincang di meja yang sama. Di atas meja tersebut terdapat minuman dan makanan. Namun kedua tangan tersangka terikat.

Iriawan sendiri telah memberikan penjelasan perihal foto itu. Iriawan menegaskan itu merupakan hal yang biasa dalam kinerja kepolisian.

“Polri punya prinsip fight the crimes not the person. Yang kita perangi kejahatannya, bukan orangnya. Jadi bersikap humanis kepada tersangka juga harus dilakukan, apalagi tersangka yang kooperatif dan mengaku bersalah,” kata Iriawan.

Foto itu sempat beredar dengan bumbu tuduhan miring yang disematkan. Padahal cara tersebut dianggap biasa dilakukan kepolisian.



from BERITA POLISI http://ift.tt/2uRloMu
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.