Header Ads

Gokil Banget!Komputer Tua NASA Ditemukan di Basement Engineer Ini

Dua komputer Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) NASA era Apollo dan lebih dari 300 rekaman data lainnya ditemukan di ruang bawah tanah seorang engineer yang meninggal pada akhir 2015.

Menurut laporan Ars Technica pada November 2015, dealer memo diundang untuk membersihkan ruang bawah tanah engineer IBM yang baru saja meninggal, yang melakukan beberapa pekerjaan untuk NASA pada puncak Space Race.

Dealer menemukan sekira 325 pita data magnetik dan dua komputer raksasa, yang keduanya ditandai ‘NASA Property’. Kemudian dealer menghubungi NASA untuk melakukan penyelidikan. Ars Technica memperoleh laporan OIG melalui permintaan Freedom of Information Act.

“Tolong beri tahu NASA bahwa barang-barang ini tak dicuri,” kata ahli waris engineer tersebut kepada dealer bekas yang dikutip dari Space, Selasa (25/7/2017).

“Mereka termasuk dalam IBM Allegheny Center, Pittsburgh, PA 15212. Selama time frame 1968-1972, IBM menyingkirkan barang-barang itu, jadi (engineer) bertanya apakah ia bisa memilikinya dan diberi tahu bahwa ia bisa memilikinya,” lanjutnya.

Nama yang relevan telah diubah dalam laporan OIG. Sementara itu, petugas NASA mengatakan kepada keluarga engineer bahwa agen tersebut tak memerlukan komputer itu kembali.

Setelah penyelidikan lebih lanjut, juru arsip agensi menentukan bahwa 93 rekaman itu berisi data dari Pioneer 10 atau Pioneer 11, misi flyby ke Jupiter dan Saturnus yang diluncurkan pada awal 1970-an.

Beberapa rekaman lainnya merekam data dari misi Pioneer 8, Pioneer 9, Helios 1, dan misi Intelsat IV, namun sebagian besar rekaman (sekira 215) tak bisa diidentifikasi. Para juru arsip merekomendasikan agar semua kaset yang berjamur dan dalam kondisi yang umumnya buruk dihancurkan karena tak mengandung makna sejarah.

The post Gokil Banget!Komputer Tua NASA Ditemukan di Basement Engineer Ini appeared first on HALO DUNIA.



from HALO DUNIA http://ift.tt/2vXV0jQ
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.